Informasi

5 Tips Sukses Membuka Online Shop Dengan Modal Terbatas

Membuka online shop dengan modal terbatas, baik berbentuk situs atau promosi di sosial media memang tidak mudah. Karena walaupun target konsumen jelas, kekurangan modal membuat Anda tidak siap membuka dan menjalankan online shop tersebut. Ada beberapa solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi terbatasnya modal, yakni dengan menjadi reseller atau dropshipper. Sistem reseller dan dropship memungkinkan Anda untuk menjual kembali barang yang disediakan supplier dengan mengirimkan pesanan pelanggan mengatasnamakan online shop Anda sendiri. Keduanya bisa dijalankan tanpa modal, apalagi Anda dapat memanfaatkan smartphone atau laptop untuk berjualan secara online.

sumber : http://twitter.com

Tips Sukses Membuka Online Shop Dengan Modal Terbatas

Penting bagi pebisnis pemula untuk menyusun rencana sebelum membuka online shop, seperti sistem jual-beli yang berlaku, strategi penjualan dan keuntungan yang didapat. Ketika menyusun rencana tersebut, jangan mengabaikan tips membuka online shop dengan modal terbatas di bawah ini:

Menentukan Jenis Produk Yang Dijual

Jika Anda masih baru di dunia online shop, sebaiknya menjual produk yang jenisnya sama, seperti pakaian, makanan atau produk kecantikan saja. Anda harus memilih satu kategori yang dirasa peminatnya paling banyak. Hindari menjual produk dengan kategori yang bercampur-campur, seperti pakaian dengan elektronik, gadget, makanan dan lain-lain sebelum online shop Anda berkembang. Fokus pada satu kategori produk adalah kunci sukses menjalankan bisnis online bagi pemula.

Survey Market Produk

Setelah mendapatkan gambaran produk yang akan dijual, Anda masih harus melakukan survey market. Ketahui harga pasaran, banyaknya peminat dan kemungkinan pelanggan akan membeli produk tersebut lagi. Dalam hal ini, kategori produk yang bisa Anda pertimbangkan adalah makanan dan pakaian. Apabila produk makanan yang dijual unik dan enak, kemungkinan pelanggan lama untuk membelinya kembali sangat besar. Begitu juga dengan pakaian. Biasanya wanita sering sekali berbelanja pakaian, setidaknya sebulan dua kali. Jumlah wanita yang lebih banyak dari pria juga patut menjadi pertimbangan karena hal tersebut sangat baik bagi online shop Anda. Terutama apabila mendapat banyak pelanggan baru sekaligus pelanggan lama yang membeli produk kembali.

Mencari Supplier Terbaik dan Termurah

Untuk mendapatkan supplier terbaik sebelum membuka online shop dengan modal terbatas, Anda perlu melakukan survey di pasaran setidaknya dua minggu sekali. Hal itu dikarenakan saat ini banyak supplier dan online shop yang menawarkan produk dengan harga murah. Anda akan kesulitan untuk memastikan apakah produk benar-benar dijual dari tangan pertama bila tidak sering men-survey harga pasar. Selain harga, beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih supplier terbaik dan termurah adalah:

  1. Memilih supplier tangan pertama, yakni pihak kedua yang menjual produk atau barang dari berbagai produsen. Meskipun harga yang Anda dapat tidak semurah dari produsen, tapi produk yang ditawarkan lebih bervariasi.
  2. Mencari supplier yang melakukan dropship agar bisa menghemat ongkos kirim karena produk dikirim langsung ke alamat customer.
  3. Gunakan satu supplier saja supaya sistem dropship berjalan lancar.
  4. Pelayanan yang diberikan supplier pada Anda

Menentukan Laba Produk

Sebagai pemula, Anda harus mengetahui aturan-aturan menentukan laba produk di antaranya:

  1. Laba yang terlalu tinggi menyebabkan harga produk Anda lebih mahal dari harga di pasaran. Contoh: harga di pasaran Rp10.000 sedangkan Anda menjualnya dengan harga Rp13.000. Tentu pembeli akan memilih produk yang lebih murah.
  2. Laba yang terlalu rendah membuat penghasilan yang Anda dapatkan sedikit, meskipun omzet penjualan cukup banyak. Logikanya, menurunkan nilai jual produk sama dengan meningkatkan jumlah pembeli, namun tidak berbanding lurus dengan keuntungan yang didapat.

Mencari Calon Pembeli

Online shop berbeda dengan toko fisik, yang mana Anda harus menyampaikan informasi dan mempromosikan produk pada pelanggan melalui media sosial. Facebook, Instagram, Twitter dan blog merupakan media online yang bisa Anda manfaatkan untuk promosi mengingat sering diakses penggunanya. Undang calon pembeli ke halaman atau group yang Anda buat dan sampaikan informasi produk dengan jelas dan tepat agar mereka tertarik.

Menjalankan Tips Membuka Online Shop Dengan Modal Terbatas Secara Konsisten

Tips di atas tidak akan berguna apabila Anda hanya menjalankannya di awal saja. Perlu untuk melakukannya secara konsisten, meskipun bisnis telah berkembang. Jaga hubungan baik dengan supplier dan pelanggan, karena dengan demikian Anda akan diberi kemudahan di masa mendatang. Jalankan bisnis dengan perlahan dan tetap mengikuti aturan yang ada.

Kini membuka usaha online shop bukan lagi sebatas impian bagi pebisnis pemula. Untuk menjalankannya pun Anda tidak memerlukan kantor, toko atau perlengkapan lainnya. Dalam prakteknya pun, modal yang dikeluarkan bisa diminimalkan. Bahkan dengan memanfaatkan sistem dropship, Anda tidak perlu khawatir lagi bila akan membuka online shop dengan modal terbatas.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close