Informasi

Ternyata Aki Bekas dapat Diubah jadi Panel Surya untuk Lampu

Lampu bertenaga surya, yang sekarang banyak ditemui sebagai lampu taman tenaga surya, ternyata bukan saja bias dibuat dengan panel surya yang berbasis pada silikon. Melainkan sebuah aki bekas juga dapat digunakan sebagai bahan baku utama dalam pembuatan Panel Surya yang nantinya akan diterapkan pada Lampu Tenaga Surya. Ilmuwan-Ilmuwan MIT sendiri menghabiskan waktu kurang lebih dua tahun untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Aki bekas untuk hal-hal yang lebih berguna. Dikarenakan mengandung bahan-bahan kimia yang dapat membahayakan lingkungan, maka pembuangan Aki bekas begitu saja akan menjadi limbah yang sangat berbahaya. Dengan adanya penelitian-penelitian terhadap penggunaan Aki ini sendiri tentu saja akan membantu menjaga lingkungan.

Panel Surya Aki Bekas Di Indonesia

Panel surya di buat dengan bahan baku utama yaitu silicon. Yang berfungsi untuk menyerap energi matahari yang akan di gunakan pada lampu tenaga surya seperti pada lampu taman tenaga surya, lampu LED, lampu penerangan jalan umum (lampu PJU), dan lain sebagainya. Dengan banyaknya penggunaan Aki di dunia yang digunakan pada kendaraan atau alat lain tentu menjadi problematika tersendiri. Dengan zat yang berbahaya dan tidak ramah lingkungan akan mempengaruhi pencemaran lingkungan. Di Amerika saja, Aki bekas dapat mencapai 200 juta, bayangkan saja bagaimana limbah yang akan dihasilkan oleh 200 juta Aki tersebut. Dengan adanya penemuan menggunakan Aki bekas untuk panel surya akan menjadi sebuah solusi terbaru yang sangat berguna. Di Indonesia sendiri yang mengembangkan aki bekas untuk panel surya salah satunya adalah mahasiswa Universitas Padjajaran jurusan fisika. Mereka sudah mampu memanfaatkan sebuah zat yang terkandung dalam Aki yaitu, zat Perovskite sebagai bahan utama pada panel surya yang berkualitas baik.

Zat Perovsikte mampu menyerap energi matahari lebih baik jika dibandingkan pada panel surya yang bersifat konvensional. Panel surya dengan menggunakan Zat Perovskite ternyata tingkat efisiensinya mencapai 19%, kemudian bentuknya juga lebih tipis sehingga lebih cocok apabila diaplikasikan di rumah penduduk. Hanya dengan satu Aki bekas saja, mampu memberikan energi listrik untuk 30 rumah penduduk. Bayangkan, betapa hematnya penggunaan listrik apabila menggunakan Lampu Tenaga Surya, yang salah satu variannya adalah lampu taman bertenaga surya, yang sangat cocok sekali menggunakan panel surya karena berada di luar ruangan.

Kekurangan Pada Aki Bekas Sebagai Bahan Baku Panel Surya

Sayangnya kesuksesan para peneliti terhadap baterai Aki bekas mengalami kendala. Selain karena tidak dapat di produksi secara massal tetapi juga berkendala pada bahan baku. Pada era modern ini, tentu saja produksi untuk aki-aki mobil akan ditingkatkan lagi. Banyak industri yang mencoba mengembangkan pembuatan aki-aki mobil menjadi lebih modern. Hal ini memang berdampak pada pembuatan panel surya dengan memanfaatkan zat Perovskite pada aki. Inilah yang menjadi kekurangan penggunaan Aki bekas sebagai bahan baku panel surya. Panel surya yang tanpa daya serap energi matahari tentu tidak akan berguna bagi pembuatan alat-alt bertenaga surya seperti lampu taman tenaga surya, lampu penerangan jalan umum, atau lampu LED biasa.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close