Produk

3 Tips Memanfaatkan Jasa Endorse Untuk Produk Online Shop

Memanfaatkan jasa endorse dinilai cukup efektif untuk mempromosikan produk yang Anda jual. Maksud dari istilah endorse atau endosement adalah cara mempromosikan produk di media sosial, khususnya Instagram, dengan bantuan model, artis atau orang yang memiliki banyak jumlah followers. Orang akan tertarik membeli suatu produk jika terlihat bagus ketika dipakai si model. Oleh karena itu, endorsement akan efektif bila model yang dipakai merupakan orang terkenal.

Bagaimana Menjalankan Sistem Endorse?

Meng-endorse produk online shop merupakan cara terbaik yang bisa Anda tempuh untuk mencapai target penjualan. Sistem endorse sendiri sangat mudah, dimana Anda hanya perlu memberikan produk secara gratis pada model, sementara model tersebut meng-upload foto produk ke Instagram dengan me-mention akun online shop Anda. Tapi, biasanya model dibebaskan memilih barang yang ia mau. Bahkan, sekarang para artis yang membuka jasa endorse pun mengenakan tarif dengan jumlah tertentu untuk sekali promosi.

Meskipun demikian, online shop tidak benar-benar rugi mengingat biasanya barang yang di-endorse artis dengan banyak followers laku keras. Permintaan ordernya pun meningkat berlipat-lipat dari biasanya.

Memanfaatkan Jasa Endorse Untuk Produk Online Shop

Telah banyak online shop yang memasarkan produknya dengan cara endorse. Kebanyakan dari mereka mendapat untung banyak dari endorse, terutama bila model yang dipakai merupakan artis atau selebgram (seleb instagram). Ada beberapa tips memanfaatkan jasa endorse untuk produk online shop yang bisa Anda terapkan.

Mencari Model Yang Sesuai Dengan Produk

Agar proses pemasaran produk melalui sistem endorse berjalan dengan maksimal, Anda perlu memanfaatkan jasa endorse dari artis terkenal. Namun, kenali pribadi dan keseharian artis tersebut supaya Anda mengetahui cocok-tidaknya ia mempromosikan produk terkait. Sebagai contoh, Anda memiliki online shop yang menjual aneka gadget, seperti smartphone, tablet, laptop, kamera dan sejenisnya. Alangkah baiknya Anda memilih Bayu Skak yang mengetahui teknologi lebih baik daripada Sule. Walaupun kenyataannya Sule lebih terkenal daripada Bayu Skak. Itu pertimbangan yang cukup penting dalam memilih artis endorse.

Bernegosiasi Dengan Calon Model

Setelah menemukan model atau artis yang dianggap cocok mempromosikan produk, Anda bisa mengontaknya untuk melakukan negoisasi. Tanya apakah ia mau menjadi model endorse untuk produk yang Anda ajukan atau tidak. Apabila artis tersebut menyetujuinya, buat kesepakatan seperti memberikan produk secara gratis dan mendiskusikan tarif endorse. Hal yang perlu diperhatikan apabila Anda dan si artis tidak sama-sama sepakat, lebih baik jangan diteruskan. Misalnya, si artis memberikan tarif yang jumlahnya di luar kemampuan Anda. Jika dilanjutkan akan merugikan Anda sebagai pihak online shop, apalagi tidak ada jaminan 100% produk akan laku keras setelah dipromosikan artis tersebut.

Usahakan Untuk Tidak Ganti-ganti Model

Dalam mempromosikan produk, sebaiknya Anda memanfaatkan jasa endorse beberapa artis saja yang sekiranya mampu meningkatkan omzet penjualan Anda. Berganti-ganti artis endorse dalam waktu singkat merupakan strategi yang tidak tepat. Karena selain membutuhkan modal yang banyak, negoisasi pun belum tentu berjalan mulus. Contoh saja iklan di TV yang bertahun-tahun dibintangi oleh satu artis.

Sistem endorsement menguntungkan ketiga belah pihak, yakni pengendorse, model dan konsumen. Sebab, pengendorse atau online shop bisa mendapatkan tambahan followers dan calon konsumen, model mendapatkan produk gratis serta fee dari online shop sementara konsumen mendapatkan barang yang diinginkan. Dengan demikian, Anda tidak perlu ragu lagi mempromosikan produk dengan memanfaatkan jasa endorse.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close